Kapolda Kalbar: Pembanguan SPN Mengadopsi Nilai Budaya Kearifan Lokal Masyarakat 

  • Whatsapp
banner 468x60

hamparan.info – Meriah. Inilah yang terlihat pada Senin, 8 Juli 2019, di lokasi rencana pembangunan SPN (Sekolah Polisi Negara) Polda Kalimantan Barat di Kelurahan Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang. Di tempat itu telah dilaksanakan launching SPN Polda Kalbar dan penandatanganan prasasti pembangunan SPN Polda Kalbar.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono dalam kesempatan itu menyebut, pentingnya pembangunan SPN sesuai nawacita Presiden RI Joko Widodo membangun dari daerah pedalaman.

“Pembangunan Sekolah Polisi Negara di Kota Singkawang ini merupakan pembangunan gedung yang lebih representatif dan mengadopsi nilai budaya kearifan lokal masyarakat provinsi Kalimantan Barat. Pembangunan nantinya sesuai kearifan lokal masing-masing kabupaten/kota se- Kalbar. Dengan demikian tentunya kami terbuka untuk masing-masing kabupaten dapat mengusulkan model bangunan sesuai ciri khas daerahnya namun tidak mengurangi prototipe nya Polri,” kata Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono.

Launching pembangunan SPN Polda Kalbar ini penting dilaksanakan, sebagai bentuk nyata partisifasi aktif baik masyarakat, pemerintah provinsi, pemerintah daerah, maupun para pengusaha yang memang menginginkan kemajuan yang masif di Kalbar.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pembangunan SPN Polda Kalbar di Kota Singkawang mulai dilaksanakan sejak awal tahun 2019 yaitu dengan melakukan kajian strategis yang ditindaklanjuti dengan pertemuan antara Polda Kalbar dengan gubernur, para wali kota, para bupati dan para pengusaha yang difasilitasi oleh Ketua DPRD Provinsi Kalbar dan para Ketua DPRD kabupaten dan kota se- Kalimantan Barat,” ujarnya.

Dia menjelaskan, biaya yang dibutuhkan dalam pembangunan SPN Polda Kalbar ini diperkirakan sebesar Rp 117,9 miliar yang terbagi dalam dua tahap. Pada tahun 2019 akan terbangun 8 unit fasilitas dengan biaya sebesar Rp28,5 miliar sedangkan sisanya sebesar Rp89,4 miliar dengan bangunan sebanyak 23 unit akan dilaksanakan pada tahun 2020.

“Saya selaku Kapolda Kalbar mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Singkawang yang diprakarsai oleh ibu Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie yang dengan iklas memberikan lahan seluas lebih kurang 40 hektare kepada Polda Kalbar untuk dijadikan lahan pembangunan SPN. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Gubernur provinsi Kalbar dan Wali Kota Singkawang beserta para bupati yang telah memberikan hibah bangunan pada tahun 2019 senilai Rp28,5 miliar dengan jumlah bangunan sebanyak 8 unit yang merupakan fasilitas utama,” ujarnya.

Kepada para bupati dan wali kota yang berencana akan menghibahkan bangunan pada tahun 2020, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono berkata,” Kami mengharapkan untuk segera melakukan koordinasi dengan para kapolres, karorena, karolog dan ka SPN Polda Kalbar. Tidak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada para pengusaha yang sudah berperan dalam pembangunan SPN Polda Kalbar ini, kita saksikan sekarang dalam proses pembangunan jalan utama yang merupakan hibah dari PT WHW. Kepada rekan rekan pengusaha yang hadir, kami mengharapkan untuk berpartisifasi dalam pembangunan SPN Polda Kalbar yang merupakan kebanggaan kita semua.

Dia berujar,” Saya atas nama Kepolisian Negara Republik Indonesia, mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi sebesar- besarnya atas dukungan serta bantuan hibah yang telah diberikan pada tahun 2019 khususnya dari pemerintah daerah Provinsi Kalbar, Kota Singkawang, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Sekadau, dan Kabupaten Ketapang,”.

Pembangunan Sekolah Polisi Negara dimaksud bertujuan selain untuk mencetak sumber daya manusia Polri yang mampu melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, patuh hukum dan profesional. Dan juga dapat digunakan untuk wahana pendidikan bagi seluruh masyarakat di Provinsi Kalimantan Barat. Biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan Sekolah Polisi Negara dimaksud, tidak dapat seluruhnya dibebankan kepada APBN Polri, mengingat kemampuan APBN Polri masih terbatas.

“Dan nantinya setelah selesai kami akan mengundang bapak ibu sekalian dan bapak Kapolri untuk meresmikan SPN Polda Kalbar. Polda Kalbar berharap seluruh stake holder dan seluruh masyarakat yang ada di Propinsi Kalimantan Barat dapat mendukung baik materil maupun moril, demi kelancaran pembangunan dimaksud. diharapkan ke depan semakin baik dan meningkatnya kinerja polda kalbar dalam memberikan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat yang ada di Provinsi Kalbar,” kata dia.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengatakan, lokasi SPN ini sangat strategis karena nantinya karena udah ada pemicu pembangunan SPN, maka akan memicu terhadap pembangunan sekitar. Dengan adanya SPN kita berupaya Pihak Polisi keluaran dari SPN Kalbar mempunyai Postur Polri yang ideal sehingga dapat bersaing.

“Kami berharap kepada para pengusa untuk ikut dalam percepatan pembangunan, dimana nantinya akan semakin mendukung situasi yang kondusif dalam melakukan usaha. Untuk bagian dari Pemprov Kalbar, saya sudah sampaikan kepada pelaksanan, kalau dapat pada tanggal 1 Juli 2020 sudah selesai semua. Saya juga berharap kepada Bupati/Wali Kota, Desember nanti penetapann tender sudah selesai semua, Januari paking sudah selesai sehingga 1 Juli Ultah Polri yang ke-74 SPN bisa diresmikan,” kata dia.

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie menuturkan, Kota Singkawang merupakan kota nomor 2 terbesar di Kalimantan Barat dengan luas 5004 kilo meter persegi yang merupakan kota sebagai tujuan masyarakat daerah lain untuk melanjutkan pendidikan.

“Sehubungan dengan rencana pembangunan SPN Polda, kami pemerintah Kota Singkawang sangat mendukung, karena akan memberikan pembangunan baik masyarakat setempat dari aspek ekonomi, dan semakin mendekatkan Polri kepada masyarakat setempat dalam memberikan ketentraman masyarakat setempat. Semoga target 2020 SPN dapat selesai dan kami akan mengundang kembali dalam acara peresmian,” kata Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie.

Sementara itu, dalam laporan perkembangan pembangunan SPN Polda Kalbar oleh Kombespol Supriadi, bahwa terlaksananya pembangunan SPN berkat partisipasi dari Pemprov Kalbar, pemerintah kabupaten/kota se-kalbar, para pengusaha dan masyarakat se-Kalbar. Pembangunan SPN tepat di Jalan Conglongkong, RT10 RW 04, Kelurahan Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan dengan luas lahan 40 hektare yang merupakan hibah masyarakat setempat atas prakarsa Wali Kota Singkawang.

“Adapun yang telah dilakukan Polda kalbar dalam rangka melakukan percepatan pembangunan SPN, di antaranya adalah kami Melakukan kajian strategis mengenai kondisi SPN Polda Kalbar yang saat ini berada ditengah-tengah kota dengam kondisi yang sudah tidak refresentatif sehingga dalam aktivitasnya mengganggu masyarakat sekitar. Melaksanakan studi banding ke Polda Gorontalo dalam pembangunan SPN Gorontalo melibatkan pemprov, Pekab/kota, para pengusaha dan masyarakat se Prov. Gorontalo. Membuat surat kepada Pemprov, Pemkab/kota serta para pengusaha dalam rangka partisipasi dalam pembangunan SPN Polda Kalbar,” kata dia.

Sebagai informasi, turut hadir bersama Kapolda Kalbar, Ketua DPRD Prov. Kalbar, M Kebing L, Pangdam XII/Tpr, Mayjend TNI Herman Asaribab, Danrem 121/AWB Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, Ketua DPRD kabupaten/kota se-kalbar, Para Bupati/Walikota se-kalbar, Kepala Bank Kalbar, Ketua KONI Kalbar Fachrudin Siregar, Irwasda Polda Kalbar Kombes Pol Andi Musa, Pejabat Utama Polda Kalbar, Kapolres/ta jajaran Polda Kalbar, para donatur dan tamu undangan.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *