Luangkan Waktu untuk Membaca

  • Whatsapp

hamparan.info – Penyelenggaraan pelatihan bintara identifikasi, pelatihan Bintara penanganan radikalisme, pelatihan Bintara nautika, pelatihan Bintara/PNS golongan II alat komunikasi dan jaringan serta pelatihan Bintara tactical program pada dasarnya untuk meningkatkan kualitas sumber daya personel di lingkungan Polri.

Demikian hal itu dikatakan Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi  Didi Haryono pada upacara penutupan pelatihan Bintara Polri jajaran Polda Kalimantan Barat, pada Jumat, 15 Maret 2019.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono menuturkan, walaupun dilaksanakan dalam waktu yang relatif singkat, namun diharapkan dapat menambah wawasan pengetahuan di bidang kepolisian. Sehingga sekembalinya dari Sekolah Polisi Negara (SPN) Pontianak ini, peserta pelatihan dapat menunjukkan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat dengan berbekal ilmu pengetahuan dan keterampilan yang sudah dipelajari.

“Kita menyadari bahwa pelatihan yang hanya enam hari ini, bila dikaitkan dengan tantangan tugas yang akan kita hadapi tentunya belumlah cukup. apalagi tahun ini merupakan tahun politik dimana kita akan menghadapi hajat besar yaitu pesta demokrasi dalam Pemilu 2019,” ujarnya.

Dia mengingatkan, harapan pimpinan Polri. Pengetahuan dan Keterampilan yang telah diterima selama pelatihan, hendaknya diterapkan di tempat tugas masing-masing.

“Sehingga dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari baik secara individu maupun kelompok,” kata dia.

Untuk memiliki anggota Polri yang berkualitas, ada empat hal yang harus dipenuhi. Di antaranya adalah adanya motivasi baik dari dalam maupun dari luar individu, latar belakang pendidikan yang memadai, pelatihan yang disesuaikan dengan tantangan tugas serta kesejahteraan yang mampu memenuhi kebutuhan dasar setiap individu anggota.

“Dalam peningkatan kesejahteraan Polri, pimpinan telah berupaya salah satunya melalui program remunerasi yaitu penggajian berbasis kinerja. Sedangkan untuk menghadapi tantangan tugas ke depan, polri telah memprogramkan pelatihan secara periodik seperti yang kita laksanakan saat ini,” kata dia.

Dia berharap, para Bintara terus meningkatkan pengetahuan yang sudah didapat. Caranya adalah gunakanlah waktu luang untuk membaca buku petunjuk dan kuasailah informasi.

“Ini penting. Karena kita tidak ketinggalan informasi yang ada, baik kebijakan pimpinan Polri maupun peraturan-peraturan yang ada sebagai landasan pelaksanaan tugas, sehingga dapat memberikan perlindungan serta menciptakan rasa aman kepada masyarakat,” ujarnya.

Dia menjelaskan, perubahan yang terjadi di berbagai aspek kehidupan masyarakat, menyebabkan timbulnya tantangan tugas Polri yang semakin berat dan kompleks. Hal ini terlihat dari munculnya berbagai potensi kerawanan dalam berbagai kehidupan masyarakat. Baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat.

“Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi khususnya bidang informasi, berdampak pula kepada munculnya kejahatan berdimensi baru dengan modus operandi yang canggih dan sulit pembuktiannya,” kata dia.

Dia mengingatkan, untuk mengantisipasi ancaman dan gangguan serta tantangan tersebut, maka kita wajib meningkatkan keterampilan melalui berbagai pelatihan.

“Seperti yang kita laksanakan saat ini. Para peserta pelatihan memiliki cakrawala dan wawasan pengetahuan yang luas di bidangnya masing-masing,” ujarnya.

Dia berharap, kepada para personel Bintara untuk terus meningkatkan kemampuan. Baik pada aspek kognitif (intelektual) maupun psikomotorik (skill) dengan membaca berbagai literatur.

“Pertajam kepekaan terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di tengah masyarakat. Cepat mengambil sikap dan cepat menyesuaikan perubahan yang ada. Tingkatkan kehadiran aparat kepolisian di tengah masyarakat untuk membangun kemitraan yang efektif. Sehingga dapat mewujudkan kesadaran, ketaatan hukum dan partisipasi masyarakat yang tinggi dalam Harkamtibmas,” kata dia.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *