Menyoal Sampah di Kota Singkawang

  • Whatsapp

hamparan.info – Komando Rayon Militer (Koramil) 1202-11/Singkawang, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Kota Singkawang, Komandan Kodim 1202/Singkawang, Letnan Kolonel Armed Victor Jacob Lucas L memimpin kegiatan sosialisasi dan dialog tentang penanganan pembersihan sungai di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, soal sampah.

Forum diskusi bersama ini dilaksanakan guna untuk membahas penanganan kebersihan khususnya dalam menangani permasalahan pengelolaan sampah di kota Singkawang.  Komandan Kodim 1202/Singkawang, Letnan Kolonel Armed Victor Jacob Lucas L mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menyikapi persoalan sampah di Singkawang.

“Diharapkan masyarakat memiliki kesadaran dengan tidak membuang limbah dan sampah ke sungai yang akan memberikan dampak terhadap revitalitas sungai tersebut. Sehingga ini perlu adanya edukasi yang seimbang. Terutama nilai ekonomis yang dapat dimanfaatkan, dibanding membuang sampah sembarangan yang ujungnya mencemari lingkungan,” kata Letnan Kolonel Armed Victor Jacob Lucas L.

Dia menjelaskan, masalah sampah di Kota Singkawang merupakan tanggung jawab kita semua. Kita harus turun tangan, bahu membahu membersihkan sungai dengan cara bergerak bersama.

“Oleh karena itu, perlu adanya kesinambungan antara masyarakat baik TNI, pemerintah, komunitas untuk ikut bertanggungjawab bersama menjaga lingkungan. Dengan demikian, edukasi dan infrastruktur yang dibangun dapat memberikan hasil yang optimal,” ujar Letnan Kolonel Armed Victor Jacob Lucas L.

Dalam kegiatan tersebut perlu dilibatkan juga Toga, Tomas dan pakar hukum dalam pelaksanaannya, bentuk tim, untuk memberikan himbauan kepada mayarakat agar jangan membuang sampah sembarangan. Letnan Kolonel Armed Victor Jacob Lucas L  berharap, agar seluruh yang hadir memberikan saran dan masukan secara tertulis, tentang penanganan pembersihan sungai, baik dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *