Bursa Inovasi Desa Bukan Sekadar Formalitas

  • Whatsapp

hamparan.info – Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, ini  terdiri dari 20 desa yang letak desa-desanya dipisahkan oleh sungai Kapuas dan anak sungai Kapuas. Rata-rata aktivitas masyarakatnya berprofesi sebagai petani, nelayan dan buruh pabrik.

Seiring dengan perjalannya waktu, sejumlah desa yang ada di Kecamatan Kubu dalam lima tahun belakangan ini terus berbenah diri. Perlahan tapi pasti, itulah konsepanya. Dan telah memberikan dampak siknifikasn kepada masyarakat melalui dana desa.

Muat Lebih

banner 300250

Sebagai salah satu kecamatan yang mempunyai jarak tempuh jauh dari ibukota Kabupaten, ditambah lagi dengan kondisi geografis berupa kawasan pesisir. Namun begitu,  hal itu bukan merupakan hambatan bagi desa-desa yang ada di Kecamatan Kubu dalam melaksanakan pembangunan di bidang infrastruktur yang merupakan kegiatan utamanya terutama infra struktur jalan dan kegiatan pendukung lainnya.

Kondisi ini perlahan berubah seiring dengan bertambahnya informasi bagi pemerintah dan masyarakat desa di Kecamatan Kubu dengan kamudahan akses yang didanai malalui Dana Desa salah satunya adalah kegiatan Bursa Inovasi Desa ( BID )

“Agar kegiatan BID tidak berhenti hanya sebatas formalitas. Tetapi yang paling penting bagaimana masyarakat desa bisa memahami tujuan BID yang nantinya dapat meningkatkan kreativitas masyarakat atau kelompok-kelompok masyarakat dalam mengelola sumber daya alam,” kata Camat Kubu, Rustam Efendi,  baru-baru ini.

BID yang dimaksud adalah menciptakan produk-produk olahan berkualitas dengan menggunakan sumber daya lokal sehingga dapat bersaing dipasaran baik itu ditingkat kecamatan maupun di luar kecamatan.

“Kegiatan BID diharapkan juga dapat mendorong kemandirian masyarakat dalam menciptakan peluang kerja bagi masyarakat lainnya di desa melalui inovasi berbasis sumber daya lokal yang pada akhirnya menuju desa mandiri,” kata Camat Kubu, Rustam Efendi.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *