Meriahnya Festival Meriam Karbit 2019 di Pontianak 

0

hamparan.info – Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab, bersama Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat membuka Festival Meriam Karbit 2019 yang digelar di tepian Sungai Kapuas, Gang H Mailamah, Jalan Adi Sucipto, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Adapun tema festival kali ini,”Dengan Festival Meriam Karbit Kita Pererat Silaturahmi dan Lestarikan Budaya”.

Gubernur Provinsi Kalbar, Sutarmidji, Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono, Danlantamal XII/Pontianak Laksma TNI Gregorius Agung W. D. M.Tr (Han), Danlanud Supadio Marsma TNI Palito Sitorus, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Dandim 1207/BS Kolonel Armed Stefie Nuhujanan, Kapolresta Pontianak Kombes Pol Muhammad Anwar Nasir.

Tidak hanya itu, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar, Ketua Persit KCK Daerah XII/Tanjungpura, Ketua Bhayangkari Polda Kalbar, Ketua Jalasenastri Korcab XII DJA I Lantamal XII Pontianak, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 19/D.I Lanud Supadio, juga hadir di sana.

Pembukaan Festival Meriam Karbit 2019 dibuka oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji, yang diawali dengan pernyataan resmi selanjutnya ditandai dengan pemukulan tar atau rebana oleh seluruh Forkopimda Kalimantan Barat dan Wali Kota Pontianak. Yang dilanjutakan dengan penyulutan meriam.

Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Aulia Fahmi Dalimunthe, menerangkan Festival Meriam Karbit ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Pontianak saat malam takbiran. Pada Festival tahun ini dimeriahkan oleh sebanyak 34 kelompok peserta dan terdapat sebanyak 212 batang meriam yang terbuat dari batang kayu. Dengan ukuran panjang rata-rata antara 5 hingga 7 meter dan berdiameter 60 – 70 centimeter.

“Meriam Karbit ini merupakan bagian dari sejarah berdirinya Kota Pontianak dan telah menjadi salah satu kasanah budaya, dengan kegiatan festival ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikannya,”.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here