Bulan Ramadan Dimaknai Secara Dalam

0

hamparan.info – Bulan penuh berkah. Ibadah ditingkatkan adalah jalan terbaik di bulan suci Ramadan 2019 ini. Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi  Didi Haryono, mengajak warga untuk berlomba-lomba menuju kebaikan itu.

“Bulan Ramadan dimaknai secara dalam. Bukan hanya bulannya, tapi, menebarkebaikan antar sesama,” kata Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono.

BACA Video: Ratusan Warga Pontianak Dicukur Rambut Gratis Jelang Ramadan

Tidak hanya itu saja, dia mengajak masyarakat untuk tetap menjaga keamanan ketertiban di lingkungan sekitar. Apalagi, di bulan Ramadan 2019 ini, umat muslim melaksanakan salat sunah Tarawih.

“Jangan lupa matikan kompor sebelum pergi ke Masjid. Jadi kan, salat Tarawih kita menjadi tenang dan khusyuk. Mari kita bersihkan diri, sucikan hati. Semoga puasa kita menjadi perisai jiwa,” ujarnya.

Demikian juga, bagi seluruh anggota dapat mengemban peran sebagai pendingin suasana terlebih saat ini adalah hari ke-5 di bulan suci Ramadhan. Ia mengimbau semua pihak menghilangkan sekat untuk bersatu kembali pasca Pilpres dan Pileg.

“Jaga persatuan, perdamaian dan keberagaman kita. Tolong sampaikan ini. kebersamaan kita saat ini harus terus menerus dilakukan dan dipertahankan. Kita semua termasuk TNI-Polri jadi pendingin, semua pihak saling mengingatkan tidak boleh ada yang melakukan hal yang memprovokasi,” kata dia.

Sebagai informasi, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono, menghadiri acara berbagi kasih di bulan Ramadan 2019 yang digelar oleh Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab. Pada kesempatan itu, Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab memberikan santunan kepada ratusan anak yatim dari panti asuhan Pepabri, Hidayatuloh dan Nurul Iman.

Pemberian santunan ini dilakukan pada saat acara buka puasa bersama Pangdam XII/Tpr dan Forkopimda Kalbar dengan Prajurit, PNS, Persit Wilayah Pontianak. Yang digelar di Lapangan Keras Makodam XII/Tanjungpura, Jalan Arteri Alianyang, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Santunan diberikan secara langsung oleh Pangdam XII/Tpr serta Kapolda Kalbar, Danlanud Supadio, Danlantamal XII/Pontianak, Sekda Provinsi Kalbar serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XII/Tanjungpura.

“Buka puasa bersama dan memberikan santunan kepada anak yatim piatu merupakan tradisi yang dilakukan keluarga besar Kodam XII/Tanjungpura,” kata Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab.

Sebelumnya, pada Acara Buka Puasa Bersama juga dilaksanakan pembacaan ayat Al Quran dan Saritilawah oleh Ustadz Ahmad Syuhaibi. Sedangkan untuk ceramah hikmah Ramadan disampaikan oleh Ustadz Muhamad Ali Iskandar Al Fadhani. Adapun acara ini dihadiri oleh para Perwira dari Kodam XII/Tpr, Polda Kalbar, Lantamal XII/Pontianak dan Lanud Supadio serta pejabat Kejati Kalbar. Tema kegiatan,”Melalui Puasa Ramadhan, Nuzulul Quran, Idul Fitri Tahun 1440 Hijriah/2019 Masehi Kita Tingkatkan Iman dan Takwa Prajurit dan PNS Kodam XII/Tpr Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI AD”.

Kepala Penerangan Kodam XII Tanjungpura, Kolonel Infanteri Aulia Fahmi Dalimunthe, mengatakan,”Acara buka puasa demi menjaga silaturahmi antara TNI/Polri, Pemprov Kalbar serta instansi lainya,”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here