Ini Kabar Pemilu Serentak 2019 di Kalimantan Barat

0

hamparan.info – Ada 14 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Barat. Pada penyelenggaraan pemilihan umum serentak 17 April 2019 di Kalimantan Barat berjalan aman dan lancar. Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi  Didi Haryono, memastikan hal itu seusai Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara di tingkat Provinsi Kalimantan Barat dalam pemilihan umum Tahun 2019 yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat, Ramdan. Ada 150 orang yang mengikuti acara itu yang digelar di Ballroom Meranti Mercure Hotel Jalan Jenderal Ahmad Yani No.91 Kelurahan Bangka Belitung Bansir Laut, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono, menegaskan, sinergitias Polri, TNI dan stakeholder di Kalimantan Barat ini bahu membahu menjaga keamanan dan ketenteraman.

“Ini yang perlu kita kuatkan kedepan. Bahwa, kebersamaan ini bukan hanya sekadar pas moment saja, tapi harus terus menerus dilakukan. Contoh pas Pemilu Serentak 2019 ini berjalan aman,” kata dia, Selasa (7/5/2019).

BACA Ada Apa Ribuan Prajurit Kodam XII/Tanjungpura BKO ke Polda Kalbar?

Dia mengingatkan, rasa aman, nyaman merupakan kebutuhan dasar manusia, maka perlu terus menurus dipupuk semua lapisan. Mengingat, derasnya informasi saat ini perlu bijak.

“Nah, hal penting lagi jangan mudah terprovokasi info belum jelas. Percayakan kepada kami,” ujarnya.

BACA KPU Kalbar Sosialiasi Pemilu ke Mahasiswa IAIN

Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat, Ramdan, menjelaskan penyelenggaraan pemungutan suara lanjutan yang dilaksanakan di 18 KPPS Kalimantan Barat yang tersebar di 8 kabupaten kota yang dilaksanakan pada 25 April 2019 sebagaimana tahapan peraturan KPU nomor 10 tahun 2019 dilaksanakan oleh KPU Kabupaten kota yang sudah dilaksanakan sesuai dengan tahapan yaitu sampai tanggal 07 hari ini.

“Maka di antaranya yang sudah melaksanakan dan terpisah tinggal Kubu Raya Kabupaten Kota yang lain masih dalam proses penandatanganan di kabupaten tinggal yang masih menyisakan 88 TPS kami mohon doa dan dukungan kita semua semoga pelaksanaan rekapitulasi di Kecamatan Sungai Raya berjalan aman dan lancar,” kata Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat, Ramdan.

Sesuai dengan peraturan KPU nomor 10 tadi tahapan berikutnya adalah rekapitulasi di tingkat KPU Provinsi yang berdasarkan jadwal dimulai tanggal 22 April sampai tanggal 12 Mei. “Kami menempatkan di tanggal 07 pada hari ini mudah-mudahan dilaksanakan dengan mendahulukan kabupaten kota yang sudah melaksanakan rapat pleno sebelumnya sehingga sambil kita akan melaksanakan rapat pleno pada hari ini maka insya Allah sambil berjalan kita akan menunggu,” kata dia.

Dia berharap, ”Kami tentunya pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi kita pada hari ini yang kami rencanakan insya Allah mudah-mudahan bisa diselesaikan sampai tanggal 11 kalaupun memang tidak ada kendala bisa lebih cepat kembali maka Kemudian kami akan menyampaikan hasil rapat pleno ini di tingkat nasional. Itu sesuai dengan tahapan yaitu paling lama tanggal 22 Mei sekaligus akan diumumkan secara nasional sebagai pengantar pembuka untuk pelaksanaan rapat pleno kita pada hari ini bahwa dalam proses penyelenggaraan dari mulai persiapan hingga termasuk rekapitulasi berjalan di tingkat kecamatan kemudian proses perhitungan TPS yang kemudian memang memerlukan waktu yang agak sedikit panjang,”.

Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat Ramdan berkata, ”Para pejuang-pejuang, demokrasi kita petugas petugas KPPS di Kabupaten Landak juga sudah mendahului kita diwafatkan oleh Alloh SWT. 2 petugas KPPS, kami berterima kasih kepada Kapolda Kalimantan Barat yang ikut berpartisipasi terhadap petugas kami kemudian Kapolres Kabupaten Landak. Di Kalimantan Barat ada sebanyak 21 yang sedang sakit sekarang ini. Hanya ini kata sambutan yang dapat saya sampaikan semoga kita selalu dalam lindungan Allah diberi kesehatan dalam menjalankan ibadah puasa kita di bulan Ramadon ini,”.

Sebagai informasi, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari terhitung 7 hingga 11 Mei 2019. Di antaranya, rekap daftar daftar pemilih setiap Kabupaten akan dibacakan pada saat penutupan sidang terakhir rapat pleno tanggal 11 Mei 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here