Gunung Palung dan Berbagai Manfaat bagi Masyarakat

0
Salah satu jalur untuk sampai ke Basecamp Tanaman Nasional Gunung Palung.

hamparan.info   Taman Nasional Gunung Palung adalah salah satu Taman Nasional yang berada di Kalimantan Barat. Taman Nasional ini terletak di Kabupaten Kayong Utara dan Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Keanekaragaman hayati menjadi daya tarik bagi peneliti baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Apalagi di taman nasional ini salah satu hewan endemik pulau bernoe yaitu orang hutan sangat madah ditemui.

Salah satu peneliti Orangutan dari Yayasan Palung Elizabeth sudah membuat jalur transek Orang utan di Taman Nasional Gunung Palung. “ Setidaknya sudah ada 10 jalur transek Orang utan yang sudah kami survey dan itu memang jalur mereka untuk mencari makan.” Kata Elizabeth.

Selain Orang utan, hewan-hewan lainnya juga banyak. Diantaranya Macan, Kijang serta Babi. Untuk Macan jarang sekali ditemui. Dan hanya terlihat dari camera traps.

Darmadi salah satu petugas Taman Nasional Gunung Palung mengatakan, camera traps yang kami pasang dalam 1 atau 2 minggu  sekali dicek hasilnya.

“ Dan hewan yang sering terekam dalam camera babi hutan, kijang dan sesekali macan juga terekam dalam camera traps yang kami pasang,” kata Darmandi.

Selain banyaknya hewan-hewan yang ada di Gunung Palung, tentu manfaat Gunung Palung bagi masyarakat sekitar juga berdampak. Salah satunya adalah kesedian air bersih yang dirasakan oleh masyarakat.

Herman salah satu masyarakat yang berasal dari desa Sedahan mengatakan, dengan ditetapkanya Gunung Palung ini menjadi kawasan konservasi menjadi keuntungan bagi desa-desa disekitarnya secara umum bagi masyarakat Kayong Utara.

“ Sebab apabila tidak dijadikan Taman Nasional tidak menutup kemungkinan kawasan Gunung Palung ini menjadi incaran oleh korporasi yang bergerak di bidang perkebunan dan sebaginya,” kata Herman.

Seperti yang terjadi di hulu Ketapang kata Herman, sebagian masyarakat untuk air minum saja harus mengeluarkan uang sementara kami disini tinggal minum saja tidak perlu keluar uang.

Untuk sampai ke basecamp Taman Nasional Gunung Palung ini ada dau jalur menjadi alternative. Diantaranya jalur darat dan jalur sungai. Kebanyakan peneliti yang datang ke kawasan Gunung Palung ini menggunakan jalur darat. Sebab jalur sungai digunakan untuk mengangkut logistik saja.  Jarak tempuh yang untuk jalur darat memakan waktu kurang lebih 3 jam, sedangkan jalur sungai memakan waktu selama 5 jam.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here