Berbagi Pengetahuan dengan Anak-Anak Pedalaman Ketapang

0
Lingkaran Generasi Penurus Bangsa, Anak-Anak Sekolah Dasar di Kecamatan Air Upas, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat

hamparan.info Kemajuan dan perkembangan teknologi terus merambah di kalangan masyarakat. hal itu tak bisa dielakan, salah satu langkah yang harus dilakukan adalah membangun kapasitas serta keterampilan diri untuk menguasai berbagai macam teknologi.

Beberapa waktu lalu di Kecamatan Air Upas tim pemetaan SIAR Nusantara melakukan pengambilan foto udara menggunakan Wahana Tanpa Awak (drone)  untuk memetakan perkebunan sawit masyarakat yang berada di Kecamatan Air Upas dan Manis Mata di Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat.

Lokasi penerbangan Wahana Tanpa Awak (WTA) tepat di lapangan Sekolah Dasar Negeri 12 Lempak Sari Bekayas Air Upas. Ketika tim sedang prepared anak-anak sekolah dasar langsung menyerbu lokasi. Suasana ramai, takjub serta rasa ingin tahu yang tinggi memuncak. Pertanyaaan-pertanyaan klasik keluar dari anak-anak sekolah dasar tersebut. “ om bisa terbang ke? Terbuat dari gabus ye om?”, mereka bertanya.

Selasai prepared wahana tanpa awak siap diterbangkan, ketika WTA diluncurkan anak-anak tersebut bersorak ria menyaksikan WTA tersebut terbang dengan dikedalikan melalui remote atau transmiter. “ Pasawatnya terbang, hebat sekali,” seru salah satu anak.

Melihat antusias dan rasa ingin tahu yang tinggi, salah satu tim SIAR Hardi Lintar menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka terkait rasa penasaran yang besar kenapa pasawat itu bisa terbang dan dikendalikan hanya dari ramote atau transmiter.

Hardi Lintar menjelaskan ke anak-anak sekolah dasar tersebut terkait komponen-komponen elektronik yang saling berhubungan didalam satu unit drone. Anak-anak tersebut mendengarkan dengan seksama  perihal teknologi dalam bidang pemetaan yang digunakan.

Secara sadar kata Lintar, dalam proses ini, selain melakukan pekerjaan tugas dasarnya adalah memberitahu serta memotivasi anak-anak sekolah dasar untuk melek teknologi. Hal-hal dasar telah diberitahu, bagi anak yang memiliki rasa ingin tahu tinggi tentu dia akan mencari referensi lain yan berkaitan dengan apa yang telah disampaikan.

“Sebab bagaimana pun juga, perkembangan teknologi  sudah didepan mata, generasi-genearasi ini, tentu akan tumbuh dalam teknologi yang kedepannya akan lebih canggih dari ini. Maka dari itu sumber daya manusia harus disiapkan dari sekarang.

Jumadi salah satu tokoh masyarakat di desa  Lempak Sari Bekayas kecamatan Air Upas mengatakan, hal secam ini akan menambah movitasi anak-anak kita yang ada disini.

“ Sebab bagi mereka apa yang dilihat mereka dan diperkenalkan lagi oleh kawan-kawan ini secara tak sadar akan menjadi motivasi baik itu orang tua atau anak-anaknya sendiri untuk melanjutkan pendidikan yan lebih tinggi dan mempunyai keterampilan dibidang yang mereka inginkan,” kata Jumadi.

Dalam obrolan yang singkat dengan anak-anak dan beberapa orang tua, wahana tanpa awak yang tim  tunggu sedah selesai menjalankan tugasnya yang telah tim SIAR setting otomatis. Bel sekolah pun berbunyi mendakan waktu istirahat anak-anak sekolah dasar telah usai. Anak-anak sekolah dasar pun membubarkan diri dan tim SIAR melanjutkan pengambilan foto udara menggunakan wahana tanpa awak yang didampingi oleh pengurus-pengur koperasi unit desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here