Soal Satgas TMMD, Kolonel Infanteri Aulia Fahmi Dalimunthe : Kualitas Baik

hamparan.info – Memasuki hari ke-21 pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa ke-104 yang dilaksanakan oleh Kodam XII/Tanjungpura di tiga wilayah mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Kemajuan ini tidak terlepas dari adanya kerja sama antara Satgas TMMD dengan masyarakat yang menjadi lokasi pelaksanaan TMMD.

Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura, Kolonel Infanteri Aulia Fahmi Dalimunthe, berkata, pelaksanaan TMMD ke-104 Kodim 1201/Mempawah yang dilaksanakan di Desa Sekais, Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak dalam pelaksanaan pembangunan sasaran fisik telah melaksanakan pembangunan peningkatan jalan sepanjang 7,8 Km dengan kemajuan fisik sekitar 80 persen.

Selain itu juga telah berhasil melaksanakan pembuatan jembatan ukuran 3,5×10 meter, 3,5×8 meter, 3,5×6 meter dengan kemajuan fisik sudah mencapai 95 persen. Untuk jembatan ukuran 3,5×4 meter dalam tahap pengerjaanya telah mencapai kemajuan 25 persen.

Sedangkan pembuatan 1 unit jembatan Box ukuran 3,5×1 meter sudah mencapai 70 persen. Dalam pembangunan sasaran non fisik Satgas TMMD ke-104 Kodim 1201/Mph telah melaksanakan kegiatan olah raga bersama dan ibadah bersama warga Desa Sekais.

TMMD ke-104 yang dilaksanakan oleh Kodim 1204/Sanggau telah berhasil melaksanakan pembangunan sasaran fisik berupa peningkatan badan jalan sepanjang 14,5 Km (sudah 74 persen dari target sepanjang 19,6 Km) sedangkan untuk pembangunan 2 unit jembatan ukuran 4×4 meter dan 4×12 meter telah berhasil 100 persen selesai dikerjakan oleh Satgas TMMD ke-104 Kodim 1204/Sgu.

Demikian juga dengan perehaban 1 unit jembatan ukuran 4×16 meter telah berhasil diselesaikan. Sedangkan untuk sasaran non fisik Satgas TMMD ke-104 Kodim 1204/Sgu telah melaksanakan berbagai macam penyuluhan pada masyarakat.

Di antaranya telah melaksanakan penyuluhan pertanian, perikanan, dan Peternakan yang dilaksanakan pada tanggal 13 Maret kemarin, bakti sosial pelayanan kesehatan dan sunat massal telah dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2019 yang diikuti sebanyak 200 lebih peserta.

Juga telah dilaksanakan penyuluhan Hukum dan Bahaya Narkoba pada masyarakat yang dilaksanakan di Rumah Adat Romin Benuo Sebongkuh pada tanggal 15 Maret 2019 bekerjasama dengan Polres Sanggau.

Sedangkan pelaksanaan TMMD yang digelar oleh Kodam XII/Tpr di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dalam hal ini dilaksanakan oleh Kodim 1016/Palangka Raya di Kelurahan Kelampangan, Kecamatan Sebangau, Kota Palangka Raya telah melaksanakan pembangunan sasaran fisik pembukaan jalan sepanjang 3500 meter dari target sepanjang 5.120 meter dengan lebar 20 meter ini menunjukan kemajuan fisik sebanyak 80 persen dari yang ditargetkan.

Sedangkan untuk pembangunan sasaran fisik tambahan berupa pembangunan 3 unit jembatan titian kayu sudah mencapai 40 persen. Sedangkan untuk perehaban Mushola dan Gereja telah mencapai kemajuan fisik 35 persen. Untuk pelaksanaan pembangunan sasaran non fisik Satgas TMMD ke-104 Kodim 1016/Plk telah melaksanakan Pelayanan KB Kesehatan, Penyuluhan Narkoba, Penyuluhan Lalu-Lintas serta memberikan Penyuluhan Karhutla.

“Kita berupaya agar dapat rampung sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Satgas TMMD juga terus bekerja sama dengan masyarakat agar selesai dengan kualitas yang baik,” kata Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura, Kolonel Infanteri Aulia Fahmi Dalimunthe.

Adanya pelaksanaan TMMD yang digelar oleh Kodam XII/Tpr, masyarakat berterima kasih dan sangat merasa terbantu, program TMMD telah membantu mempercepat pembangunan diwilayah mereka. Salah satunya disampaikan oleh Sekdes Desa Sekais Bapak Tomi dirinya merasa sangat berterimakasih dan bersyukur program TMMD dilaksanakan di daerahnya, dengan adanya pembangunan jalan dan jembatan oleh Satgas TMMD telah membantu kelancaran transportasi masyarakat Desa Sekais. Dengan lancarnya transportasi akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kami, ujar Sekdes Desa Sekais.

Camat Kembayan  Inosensius Nono, menilai dengan kehadiran TMMD yang dilaksanakan di tiga desa yaitu Sebongkuh, Semayang dan Tanjung Bunga, sangat membantu kelancaran lalu lintas masyarakat, sehingga tingkat kesulitan yang ada dapat diatasi, “kita berharap semoga TMMD ini bisa terus dilanjutkan,”.

Rita warga Kelurahan Kelampangan, mengatakan bahwa selama rumahnya ditempati oleh Satgas TMMD, ia mengaku merasa senang dan terbantu dengan hadirnya TMMD di Desa,

“Apalagi anggota TNI tinggal bersama dirumahnya. Ibu Rita merasa bangga dan senang bahkan tidak segan membantu menyapu rumahnya. Berat rasanya nanti kalau ditinggalkan,”.

Selama pelaksanaan TMMD yang digelar oleh Kodam XII/Tpr para personel yang tergabung dalam Satgas TMMD tinggal sementara di rumah-rumah warga selama pelaksanaan TMMD berlangsung. Dengan tinggal bersama Satgas TMMD dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat. Tidak hanya sekedar tinggal Satgas TMMD juga turut membantu keperluan warga.

Seperti membantu anak-anak mereka dalam belajar, membantu membersihkan rumah juga membantu melaksanakan panen padi milik warga. Disela kegiatan pembangunan fisik, Satgas TMMD juga melaksanakan kegiatan-kegiatan positif bersama masyarakat di lokasi TMMD. Seperti olah raga bersama, ibadah serta doa bersama.

“Hal ini dilakukan Satgas TMMD dalam rangka menjalin kedekatan dengan masyarakat, dengan dekat masyarakat akan timbul kedekatan emosional antara TNI dengan masyarakat sehingga akan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat,” kata Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura, Kolonel Infanteri Aulia Fahmi Dalimunthe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *