Ratusan Murid SMP Berjejer Demi Sambut Kapolda Kalbar

0

Lonceng Dan Kentongan Jadi Pengingat Keamanan Lingkungan

hamparan.info – Kamis pagi itu matahari mulai meninggi. Anak-anak belia berjejer berbaris di pinggiran ruas jalan utama. Ada wanita, dan laki-laki. Teriknya matahari membakar kulit, tak diindahkan oleh murid-murid sebuah sekolah menengah pertama (SMP) di sebuah desa itu.

Desa Sutera, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, itulah nama tempatnya. Rela menunggu dari sejak pagi jelang siang ratusan murid SMP di sana menyambut hangat kedatangan Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi  Didi Haryono beserta rombongan.

Semringah. Antusias. Itulah yang terlihat dari murid SMP. Senyum lebar merekah dari mimik muka calon generasi bangsa itu. “Assalaamualaikum,” ucap Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi  Didi Haryono, menyapa ratusan murid SMP di sana. “Walaikumsalam,” ucap ratusan murid SMP serempak menjawab dengan penuh semangat.

Setelah berbincang dengan ratusan murid SMP, langkah kaki Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono  meninjau Pos Kamling dan Siskamling.

“Dirbinmas harus menjadikan Poskamling dan sistemnya di RT 22 Desa Sutera ini sebagai Siskamling percontohan, sebagai pengingat keamanan lingkungan cara konvensional masih mereka terapkan dengan adanya lonceng dan kentongan, tapi mereka kekinian juga dapat berkomunikasi melalui Handphone dengan petugas dan aparat Kepolisian setempat” tutur Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi  Didi Haryono.

Selanjutnya, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi  Didi Haryono menuju Poskamling dan berbincang dengan perangkat RT dan ronda malam. “Sistem roda malam ini harus lebih ditingkatkan. Karena, ronda malam ini memupuk rasa kebersamaan antar sesama,” kata dia.

Kunci keamanan lingkungan sebetulnya, berasal dari warga yang memiliki rasa keperdulian. Sebab, jika masyarakat menenukan hal mencurigakan, dengan sigap memberitahu pihak kepolisian.

“Dalam hal ini peranan anggota Bhabinkamtibmas juga pendorong. Marilah sama-sama menjaga. Kalau lingkungan ini aman tenteram akan banyak investor datang ke desa,” ujar mengingatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here