Cara Membuka Keterisoliran Daerah Terpencil

0

hamparan.info – Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero menyampaikan, bahwa pihaknya terus berupaya membuka keterisoliran daerah terpencil yakni dengan membangun infrastruktur penghubung dari Kabupaten menuju kecamatan.

Anton menilai, dengan terbukanya akses jalan tersebut nantinya, maka secara otomatis akses dari desa menuju kecamatan juga ikut terbuka. “Pemda sangat serius dalam memperhatikan masalah infrastruktur ini,” ujarnya.

BACA  Catat, Jabatan Tingkat Tinggi Merupakan Jabatan Strategis

Dia menjelaskan, jika jalan sudah terbuka maka masyarakat akan lebih leluasa sehingga aktifitas perekonomian akan lancar.

“Akses jalan yang sudah mulai terbuka dan sedang ditangani saat ini seperti Jalan Bunut Hilir dan Embaloh Hilir,” ucapnya.

Setelah semua Kecamatan Se- Kabupaten Kapuas Hulu terhubung jalan darat selanjutnya, akan dibuka jalan menuju desa-desa.  “Untuk membuka keterisoliran suatu desa saat ini sudah dibantu dengan adanya program Kampung Keluarga Berencana (KB),” kata dia dikutip dalam keterangan resminya.

Melalui program tersebut, terwujud sebuah keterpaduan antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dicontohkannya, program Kampung KB di Desa Riam Tapang Kecamatan Silat Hulu, yang dulunya daerah tersebut terisolir.

BACA Oknum Prajurit Bawa Kabur Senjata

“Melalui program Kampung KB, semua OPD yang ada ikut terlibat mengkaji apa yang bisa dilakukan untuk di desa yang menjadi tempat pelaksanaan Kampung KB tersebut. Misal masalah akses, infrastruktur dilihat nanti dilakukan kajian dan menjadi prioritas,” katanya.

Selanjutnya, ditahun 2018 program yang serupa juga diluncurkan di Desa Bahenap Kecamatan Kalis, dimana akses menuju desa tersebut masih sulit.  “Untuk itulah Bahenap dipilih sebagai lokasi pencanangan Kampung KB,” katanya.

Bahenap juga dipilih sebagai tempat Pencangan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (Gisa) 2018.

“Keterisoliran itu salah satu alasan kita menempatkan Desa Bahenap sebagai pencanangan Kampung KB,” kata dia.

Pemikiran orang ketika mendengar kampung KB dianggap hanya program KB, padahal tidak, dimana tujuan akhir program tersebut bagaimana pemerintah berusaha mensejahterakan masyarakat. (*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here