Festival Budaya Robo-Robo di Desa Punggur Kecil

0

hamparan.info – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Didi Haryono mendatangi sebuah tempat. Festival Budaya Robo-Robo, namanya. Kegiatan even budaya ini digelar di halaman Futsal Maris Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya.

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, Forkompimda Provinsi Kalimantan Barat dan Kabupaten Kubu Raya, anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan seluruh elemen masyarakat Kalbar juga hadir di sana.

Jenderal bintang dua itu berujar, bahwa situasi Kamtibmas Kalbar saat ini sangat kondusif, agenda agenda nasional yang terselenggara dapat dilaksanakan dengan aman, lancar dan sukses.
“Semua ini dapat terjadi karena hasil kerja keras bersama yang solid dan bersinergi juga dukungan dari masyarakat yang ingin mewujudkan provinsi Kalimantan Barat juga Kabupaten Kubu Raya sebagai daerah yang unggul dan mampu bersaing dengan daerah daerah lain di seluruh Indonesia,” kata Irjen Didi Haryono.

Dia menyebut, bahwa festival ini dilaksanakan sebagai langkah untuk melanjutkan dan meneruskan nilai nilai luhur budaya bangsa. “Kita ketahui bahwa budaya, suku, etnis dan bahasa daerah adalah kekayaan bangsa Indonesia. Jadi perbedaan perbedaan tersebutlah kita bersatu dengan ideologi kebangsaan bhinneka tunggal ika,” kata Didi Haryono.

Dengan dilaksanakannya festival robo-robo ini, tentunya hal ini dapat memotivasi dan sebagai energi untuk kita semua mengangkat potensi kreatif budaya yang sangat membanggakan dan tentunya pula dapat mencegah terjadinya potensi terjadinya gangguan keamanan.
“Perlu kita ketahui bahwa sektor keamanan dan pembangunan bagaikan dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan, yang satu menjadi syarat bagi terwujudnya sisi lain. Untuk itu, mari kita semua berkomitmen untuk memastikan kita semua terbebas dan menjaga dari segala macam hal yang dapat mengganggu kegiatan positif kita,” kata Didi Haryono.

Festival Budaya Robo Robo merupakan warisan budaya Indonesia, yang telah diakui dan Menasional. Selain itu juga masuk dalam kalender wisata nasional serta menjadi agenda wisata budaya setiap tahunnya.

Selain itu, Festival Robo-Robo ini adalah salah satu bentuk solusi bagi kita semua, yaitu dari perspektif preventif, bahwa dengan mengedepankan kegiatan kegiatan yang positif bagi generasi muda yang sering menjadi korban bahkan pelaku dari tindak pidana dan narkoba maka efek negatif yang ingin mengganggu dan mengacau dapat kita bentengi bersama.

Didi Haryono menyadari bahwa dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, tentunya perlu partisipasi dari kita semua, yang berkomitmen untuk memegang teguh soliditas, kebersamaan, keberagaman untuk mewujudkan Provinsi Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Kubu Raya menjadi salah satu daerah yang memiliki keberagaman budaya, wisata dan karakter tersendiri untuk menjadi unggul dan berkembang.

“Situasi yang aman bukan karena ada yang menjaga dan mengawasi semata, namun juga terwujud karena adanya keterpaduan sebuah sistem dan pola manajemen dari komponen komponen warga masyarakat,” kata Didi Haryono. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here