Cara Bupati Ini Sidak

0

hamparan.info – Guna melihat kehadiran pegawai di lingkungan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Kayong Utara (KKU), Bupati Kayong Utara Citra Duani adakan inspeksi mendadak (Sidak) di kantor-kantor. Dihelat usai apel hari akhir kerja sepekan.

“Kita pantau ruang-ruangan kerja di lingkungan kompleks Kantor Bupati Kayong Utara. Terdapat tiga gedung utama yang terpisah namun terkoneksi dengan jalan di dalam kompleks,” ungkap Citra Duani di sela-sela berkeliling ruangan yang cukup lengang.

Ia menerangkan di lingkungan Kantor Bupati Kayong Utara terdapat 160 tenaga pegawai tidak tetap (PTT) atau honorer dan 80 aparatur sipil negara (ASN). Totalnya ada 240 pegawai. Akan tetapi pegawai yang mengikuti apel Jumat petang, tidak sampai setengahnya.

“Banyak yang izin dan tugas di luar,” ucapnya.

Bupati Citra memimpin apel akhir pekan bekerja, didampingi didampingi para Asisten Sekretariat Daerah (Setda) KKU dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) KKU. Para pegawai lelaki dan perempuan berbaur dalam barisan yang cukup rapi. Sekitar 12 baris dan tiap baris mayoritas ada lima orang karena beberapa baris tidak lengkap.

“Saya berikan apresiasi dan terimakasih kepada para pegawai yang hadir di apel Jumat sore ini. Bagi yang belum hadir di apel Jumat sore ini, diharapkan dapat hadir di apel Jumat sore mendatang,”ujarnya.

Ia memberi amanat kepada para pejabat dapat memberi contoh yang baik kepada ASN. Sedangkan ASN dapat menjadi contoh yang baik bagi PTT maupun tenaga honorer pada umumnya.

“Kedisiplinan pegawai itu dimulai dari (pejabat, Red) atas. Kalau bawahan melihat atasan tidak disiplin maka reformasi birokrasi yang dijalankan pemerintah tidak bisa berjalan dengan baik,” kata dia.

Bupati Citra melihat beberapa pegawai yang tidak ikut apel Jumat petang dikarenakan pulang kampong. Ada yang ke Pontianak, Kubu Raya, Ketapang, dan lain-lain. Diharapkan jangan sampai izin pulang kampung tidak setiap pekan atau tiap minggu balik.

“Kalau izin balik kampung sebulan sekali, saya masih bisa maklumi karena rindu anak, istri, orangtua, dan lain-lain. Saya sekali lagi menegaskan, ingin tetap di jabatan atau balik kampong. Sebab ASN dan tenaga honorer itu siap ditempatkan di tempat kerja. Itu bagian dari tanggungjawab kerja kita,” kata dia, dalam keterangan resminya.

Selanjutnya Bupati Citra dan rombongan dikawal kendaraan patroli Satpol-PP melaksanakan Sidak di kantor-kantor. Mulai menyisir kompleks perkantoran yang ada Dinas Transmigrasi hingga ke Dinas Perhubungan dan sekitarnya.

Sedangkan di kompleks perkantoran Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana, Dinas Pendidikan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, serta lain-lain, Sidak dipimpin Wakil Bupati Kayong Utara H Effendi Ahmad. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here