Monitoring Supervisi Penggunaan Dana Desa

  • Whatsapp
banner 468x60

hamparan.info – Bupati Ketapang, Martin Rantan, kembali melakukan kunjungan dalam rangka melakukan monitoring dan supervisi penggunaan dana desa dan alokasi dana desa di kecamatan laur dan Kecamatan Simpang Dua kabupaten Ketapang.

Kunjungan kerja Bupati Martin Ranta, beserta tim pemeriksa dari Inspektorat Kabupaten Ketapang, pada Senin (9/10) di desa Bengaras dan desa Sungai kuri, Kecamatan Laur disambut oleh Camat laur Bianto Umum, besera kepala Desa beserta perangkatnya, Bupati bersama inspektorat melihat langsung proses administrasi pengunaan Dana Desa dan ADD yang sudah dilaksanakan di desa Bengaras dan Desa Suangai Kuri tersebut.

Muat Lebih

banner 300250

Martin Rantan mengatakan Dana Desa dipergunakan untuk mengurusi pembangunan didesa dan rumah tangga desa, dan lain liannya, selain itu Dana desa dan ADD juga dapat dipergunakan untuk pendirian BUM Des yang diharapkan dapat menunjang perekonomian didesa dengan demikian
di harapkan Bupati desa bisa menjadi desa mandiri.

“Kehadiran saya bersama tim inpekstorat ke desa Sinar Kuri, bukan bearti pengelolaan dana desa yang dikunjungi ada masalah tetapi untuk melakukan pemantauan monitoring dan suvervisi pengeloaan dana desa dan alokasi dana desa di kabupaten Ketapang,” ujar Martin Rantan.

Jika dalam pemantauan terdapat penyimpangan atau kekeliruan masih diberikan kesempatan waktu selama 60 hari untuk perbaikan, baik kekeliruan maupun adanya kerugian negara.

“Jika ada kerugian negara dalam 60 hari tidak bisa mengembalikan maka proses hukum akan dilakukan oleh pihak yang berwajib,” kata Martin Rantan.

Dana Desa digunakan untuk membiayai pembangunan Desa yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan dengan prioritas penggunaan dana desa diarahkan untuk pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan desa.

“Didalam pengelolaan dana desa dapat dilaksanakan sebaik baiknya karena kita sama sama bekerja untuk negara,” kata Martin Rantan, dikutip dalam keterangan resminya. (*).

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *