Silaturahmi dan Sosialisasi Karhutla

0

hamparan.info – Koramil 1207-05/Sungai Raya menggelar kegiatan silaturahmi dan sosialisasi Karhutla yang digagas oleh Danramil 1207-05/Sungai Raya Kapten Kav Edy Darmady yang dihadiri oleh unsur dari Polri dan Kecamatan, Kepala Desa, Ketua RW, Ketua RT serta Masyarakat Peduli Api (MPA) bertempat di Aula Koramil 1207-05/Sungai Raya, Jalan Raya Adi Sucipto, Sungai Raya, Kubu Raya.

Danramil 1207-05/Sungai Raya, Kav Edy Darmady mengatakan, selain untuk menjaga tali silahturahmi dengan masyarakat juga bertujuan untuk melakukan sosialisasi tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Upaya pencegahan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), sangat penting karena sudah menjadi perhatian Nasional, ujarnya.

Koramil 1207-05/Sungai Raya memiliki wilayah teritorial paling dekat dengan Bandara Supadio, oleh karenanya Koramil 1207-05/Sungai Raya memiliki kewajiban untuk melakukan pembinaan terhadap masyarakat Kecamatan Sungai Raya khususnya dalam pencegahan Karhutla

“Bukan saja penerbangan yang terganggu namun perekonomian juga bisa lumpuh. Selain itu Karhutla sangat merusak kesehatan manusia, ini lebih jahat dari pada Narkoba”, kata dia. “Efek asap ini bisa di hisap oleh semua orang, mulai anak bayi hingga orang dewasa yang menyebabkan timbulnya penyakit ISPA, tetapi kalau Narkoba penggunanya hanya orang-orang yang mempunyai uang,”.

Dia mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak membakar lahan, jika masih ada yang membakar, maka yang mempunyai lahan tersebut akan dipanggil untuk memadamkan sendiri, apabila pemilik lahan tidak mau, maka akan proses secara hukum.

Selain Sosialisasi Karhutla dalam forum silaturahmi tersebut Danramil 1207-05/Sungai Raya juga mengajak kepada seluruh warga Kecamatan Sunga Raya, dalam rangka menghadapi Pemilu 2019 agar tidak mudah terprovokasi oleh berita berita yang tidak jelas sumbernya.

“Percayakan pada aparat pemerintah, pilihan boleh beda tetapi kita semua adalah Indonesia, jangan jadikan perbedaan sebagai permusuhan tetapi perbedaan adalah rahmat Tuhan Yang Maha Esa,” kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here