Mengabdi, Mahasiswa KKL IAIN Pontianak Bikin Ini

0
Ketua kelompok KKL Integratif IAIN Pontianak bersama seorang warga Dusun Parit Pangeran Desa Tanjung Saleh
Ketua kelompok KKL Integratif IAIN Pontianak bersama seorang warga Dusun Parit Pangeran Desa Tanjung Saleh

hamparan.info – Sebagai bentuk implementasi poin ketiga dari Tri Darma Perguruan Tinggi, Pengabdian Kepada Masyarakat, mahasiswa Institut Agama Islam negeri (IAIN) Pontianak yang tergabung dalam kelompok dua program KKL Integratif 2018 membuat papan nomor rumah di Dusun Parit Pangeran Desa Tanjung Saleh. Pembuatan sekaligus pemasangan nomor rumah dilaksanakan baru-baru ini.

Menurut ketua kelompok 2 KKL Integratif IAIN Pontianak, Nahriansyah, tujuan dari diadakannya program kerja pembuatan nomor rumah yaitu untuk membantu warga dalam administrasi di Desa. “Setidaknya dengan pemasangan nomor rumah ini dapat membantu dalam hal pendataan di desa atau hal lain yang berkenaan dengan itu,” kata Nahriansyah.

Nahriansyah menjelaskan ada beberapa alasan mengapa kelompoknya merealisasikan program pembuatan nomor rumah. Sebab pertama, kata Nahriansyah, karena melihat kondisi rumah warga yang hanya separuh dipasang nomor rumah. “Ada beberapa nomor rumah yang tertempel di dinding depan, namun masih banyak yang tidak ada,” kata Nahriansyah.

Menurut Nahriansyah, pemasangan nomor rumah ini dilakukan karena melihat beberapa nomor rumah warga kondisinya sudah lama. “Nomor rumah sebagaian sudah mulai rusak dan rapuh, oleh karena itu muncul inisiatif dari kawan-kawan untuk segera merealisasikan progja ini,” kata Nahriansyah

Kepala Sekolah MIS Asasul Mubtadiin, Matsum S,Pd I, sekaligus tokoh masyarakat Dusun Parit Pangeran menyambut baik program tersebut. Dia mengatakan masyarakat mendukung secara penuh bentuk program yang telah disiapkan mahasiswa KKL untuk dilaksanakan di Dusun Parit Pangeran. “Pembuatan papan nomor rumah sangat membantu masyarakat dusun, karena menimbang mayoritas rumah penduduk yang belum memiliki papan nomor rumah,” kata Matsum S,Pd I .

Matsum S,Pd I menjelaskan, bahwa sebelumnya sudah ada papan nomor rumah yang dibuat oleh mahasiswa KKN beberapa tahun yang lalu. “Namun karena sudah lama, papan itu rusak dan rapuh, sehingga sangat pas program pembuatan papan nomor rumah yang diadakan mahasiswa KKL Integratif ini,” kata Matsum S,Pd I.

Matsum berharap segala bentuk program yang telah dilaksanakan mahasiswa KKL bermanfaat bagi masyarakat dusun. “Termasuk progja ini (papan nomor rumah), diharapkan bisa berguna dalam kehidupan sehari-hari warga,”kata Matsum S,Pd I, dalam keterangan resminya yang diterima.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here