Survei: Milton – Boyman Meraih Elektabilitas Tinggi

0

hamparan.info – Menjelang Pilkada Kalimantan Barat 2018, Lembaga Survei Suara (LSS) Kalimantan Barat melakukan survei elektabilitas para calon Gubernur Kalimantan Barat . Pilkada Kalimantan Barat diikuti oleh 3 pasang calon.

Nomor urut 1. Milton Crosby – Boyman Harun yang Diusung oleh Gerindra dan PAN Nomor urut 2. Karolin Margaret Natasha – Suryadman Gidot yang diusung oleh PDIP, Demokrat dan PKPI Nomor urut 3. Sutarmidji – Ria Norsan yang diusung Golkar, Nasdem, PKB, PKS dan Hanura.

Demikian dikatakan Direktur Eksekutif LSS Kalimantan Barat, Firmansyah, Minggu (24/6/2018).

Pergerakan diakhir masa kampanye menjadi hal yang sangat menentukan menjelang pencoblosan di TPS. Situasi dan kondisi secara makro mikro dapat merubah peta politik dalam kontestasi pilkada. Untuk itu menjelang detik detik pencoblosan LSS Kalimantan Barat mengadakan survei elektabilitas para calon Gubernur di Kalimantan Barat.

Sesuai dengan DPT Kalimantan Barat pada Pilkada 2018 sebanyak 3.436.127 maka responden yang diambil dalam survey ini berjumlah 1067 dengan margin eror +/- 3% dan tingkat kepercayaan 95%.

Dalam Hasil survey elektabilitas menggunakan simulasi surat suara. Pasangan Milton – Boyman mendapatkan suara sebesar 49,2%, dan Sutarmidji – Ria Norsan mendapatkan perolehan suara sebanyak 24,6 % dan terakhir pasangan Karolin – Gidot dengan perolehan 23,8 % suara responden. Sedangkan yang belum menentukan pilihan sebanyak 2,4 % responden.

“Milton – Boyman yang meraih elektabilitas paling tinggi banyak dipengaruhi oleh pergerakan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang belakang hangat dibicarakan diberbagai media. Prabowo Subianto yang merupakan representative dari Partai Gerindra mampu mendongkrak perolehan suara para wakilnya di berbagai daerah. Bukan hanya di Kalimanta Barat,” kata Direktur Eksekutif LSS Kalimantan Barat, Firmansyah, dalam siaran pers hasil survei yang diterima berbagai media.

Dia menjelaskan, pertarungan lebih banyak terjadi pada pasangan Karolin – Gidot dan Sutarmidji – Ria Norsan sehingga membuat swing voter yang sangat tinggi di awal beralih kepada pasangan Milton Boyman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here