Prajurit Kodam XII/Tanjungpura Lakukan Pendidikan Hadapi Ini

0

hamparan.info – Komandan Resimen Induk Daerah Militer (Danrindam) XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Khairul Anwar Mandailing, secara resmi memimpin upacara Pembukaan Penataran Rawa, Laut, Sungai dan Pantai (Ralasuntai) Tersebar Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura Tahun Anggaran 2018, di Pantai Pasir Panjang Pak Lotai.

Pada upacara Pembukaan Penataran Rawa, Laut, Sungai dan Pantai (Ralasuntai) Tersebar Kodam XII/Tanjungpura Tahun Anggaran 2018, Danrindam XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Khairul Anwar Mandailing, membacakan amanat Panglima Kodam XII/Tanjungpura, tujuan dilaksanakannya penataran adalah untuk meningkatkan kemampuan prajurit di satuan tempur jajaran Kodam XII/Tanjungpura agar mampu bergerak di medan Ralasuntai serta melaksanakan secara optimal di satuan.

Selain itu dalam amanat Panglima Kodam XII/Tanjungpura, untuk dibuka penataran Ralasuntai ini agar memahami tentang Teknik Penyelenggaraan Latihan (Nikgarlat) Ralasuntai, juga mampu bergerak di medan sebenarnya yakni bergerak melintasi rawa, laut, sungai maupun melintasi di pantai dengan bergerak senyap dalam arti tidak bisa diketahui oleh siapapun.

“Indonesia adalah negara tropis dan kepulauan dimana keadaan hutan dan gunung, rawa, laut, sungai serta pantai yang luas dan lebar, begitu juga dengan kondisi yang ada di wilayah Kodam XII/Tanjungpura untuk Provinsi Kalbar maupun Provinsi Kalteng, jadi sangat tepat penataran ini dilaksanakan dalam menunjang tugas prajurit bila Ibu Periwi memanggil,” kata dia.

Berharap, guna menunjang keberhasilan pelaksanaan tugas, kepada para petatar agar benar-benar dapat memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya, sehingga semua materi yang diberikan baik sama pelatih maupun guru militer dapat diserap secara maksimal. Seusai upacara dilaksanakan Danrindam XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Khairul Anwar Mandailing langsung memberika jam Komandan kepada seluruh peserta petatar dan para pelatih maupun guru militer dilaksanakan di lapangan Alianyang Rindam XII/Tanjungpura.

Dia menjelaskan, bahwa latihan Ralasuntai merupakan latihan tingkat kerawanan yang sangat tinggi, seperti rawa hidup yang bisa menelan korban yang melintas, bahkan binatang buas seperti buaya dan banyak rintangan yang belum pernah dijumapai oleh peserta latihan.

“Jadi untuk peserta, utamakan faktor keamanan baik personel maupun materiil, dengan demikian ikuti petunjuk dan benar-benar saat menerima materi pelajaran agar terhindar dari segala yang akan merugikan kita semua,” ucapnya.

Dia mengajak bagi prajurit yang mempunyai kemampuan menembak yang lebih dari kawannya agar tunjukkan kemampuan tersebut untuk mengikuti latihan terpusat yang dilaksanakan di Rindam XII/Tanjungpura, untuk mengangkat nama baik khususnya Kodam XII/Tanjungpura dan pada umumnya TNI Angkatan Darat.

Sementara penataran ini dilaksanakan selama 15 hari yang diikuti oleh 20 personel, terdiri Perwira dan Bintara dari jajaran Kodam XII/Tanjungpura, dalam kurun waktu yang telah ditentukan seluruh peserta penataran selain dibekali tentang teknik juga diberikan tentang taktik di medan Rawa, Laut, Sungai dan Pantai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here