Ciptakan Rasa Aman dan Nyaman Pada Saat Pilkada

0

hamparan.info – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 akan segera dimulai. Untuk itulah, persiapan dan tahapan sebagai upaya pencegahan gesekan diperlukan adanya duduk bersama menyikapi secara arif dan bijaksana.

Komandan Kodim (Dandim) 1207/Berdiri Sendiri, Kolonel Infanteri Ulysses Sondang Manurung, mengatakan Pilkada bukan saja tangungjawab satu institusi saja. Melainkan semua unsur.

“Pilkada bukan saja tanjungjawab salah satu saja. Tentu semua tanggungjawab. Babinsa juga terlibat untuk mengamankan Pilkada,” kata Kolonel Infanteri Ulysses Sondang Manurung, seusai silaturahmi dengan awak media dalam rangka Pilkada 2018 aman dan damai serta TMMD ke 101 di Makodim 1207/BS Jalan Gusti Sulung Lelanang, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (31/3/2018).

Kolonel Infanteri Ulysses Sondang Manurung berkata, sejumlah langkah sudah dilakukan ke semua lapisan masyarakat. Ini berujuan guna memberikan rasa aman dan nyaman pada saat pesta demkokrasi tahunan itu.

“Jadi, itu juga disosialiasikan. Harapanya masyarakat bisa pesta demokrasi dengan tenang,” ucap Kolonel Infanteri Ulysses Sondang Manurung.

Selain itu, Kolonel Infanteri Ulysses Sondang Manurung berharap supaya masyarakat menggunakan sosisal media atau sosmed dengan bijak. “Cerdas menerima informasi,” tutur Kolonel Infanteri Ulysses Sondang Manurung.

Di tempat yang sama, Kapolresta Pontianak Komisaris Besar Polisi Purwanto, menjelaskan jajaranya sudah melakukan kerja sama dengan semua pihak soal Pilkada ini. Tentu hal itu bertujuan sebagai langkah preventif.

“Kita sudah bekerja dengan Dandim 12017/BS. Terutama tentang sosialisasi. Terutama soal hoaks atau berita bohong,” kata Komisaris Besar Polisi Purwanto.

Dia mengklaim, sosialisasi sudah sampai ke desa dari kota soal Pilkada. Selain itu juga dia berharap kepada masyarakat apapun informasi yang sifatnya meragukan, harus diklarifikasi.

“Satgas sudah dibentuk. Kita juga menyampaikan ke tingkat bawah. Kita harus memfilter semua informasi. Awak media adalah mitra kita. berita bohong itu bombastis. maka saya harus dibendung,” katanya.

Dia mengaku, sudah kumpulkan semua Kapolsek dan mengumpulkan Babinkamtibmas, karena mereka ujung tombak di masyarakat. Sosialisasi di lapisan terbawah menangkal hoaks dan klarifikasi berita hoaks. (HI-008)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here