Granat Nanas Ditemukan Warga Perbatasan Diserahkan ke TNI

0

hamparan.info – Penyerahan satu buah granat nanas kepada personel satuas tugas Kodam XII/Tanjungpura oleh warga bernama Pungah. Dia merupakan warga asal Dusun Sungai Enau, Desa Kaliau, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Granat nanas ini ditemukan secara tidak sengaja di tempat penyedotan pasir sungai di sana. Berdasarkan informasi dihimpun hamparan.info, pada Selasa, 27 Maret 2018 pukul 10.20 WIB di wilayah perbatasan RI-Malaysia itu sudah dilakukan penyerahan satu buah granat jenis nanas.

“Kondisi tua (granat nanas). Diperkirakan masih aktif. Sudah diserahkan kepada personil satuan tugas Kodam secara suka rela,” kata Pungah.

Adapun Kronologi penyerahan granat nanas ini, ketika Pungah sedang bekerja. Dia setiap hari rutin menyedot pasir sungai miliknya yang berlokasi di sungai di Dusun Sungai Enau, Desa Kaliau, Kecamatan Sajingan besar, Kabupaten Sambas.

Pada saat kegiatan sedot pasir, Pungah menemukan benda keras pada saat mencangkul tanah di pinggiran titik penyedotan. Setelah dilihat ternyata granat nanas. Lalu kemudian diambil dan diamankan di dekat pohon besar sekitar lokasi penyedotan pasir.

Atas temuan granat nanas itu, dia menyampaikan ke personel satuan tugas Kodam XII/Tanjungpura. “Berhubung sudah malam, ke lokasi untuk diperlihatkan,” kata dia.

Dengan sigap, personel satuan tugas pun segera ke lokasi yang dituju. Dan memberikan pemahaman serta pengertian agar granat yang ditemukan diserahkan kepada personel satuan tugas Kodam XII/Tanjungpura untuk diamankan. Sebab, granat nanas tersebut berbahaya apabila disimpan.

Dengan imbauan yang diberikan, dia bersedia menyerahkan dan selanjutnya menuju lokasi penyedotan pasir untuk melihat kondisi serta mengambilnya.

Penyerahan granat di laksanakan di lokasi penyedotan pasir dengan sukarela kepada personel satuan tugas. Selama proses penyerahan granat berjalan aman dan lancar.

Kondisi garanat yang ditemukan kemungkinan masih aktif dan tidak meledak sehingga terkubur ditepi sungai dalam waktu yang cukup lama. Penyerahan dan respon positif dari bapak Pungah kepada aparat keamanan adalah merupakan hasil penggalangan yang baik terhadap warga masyarakat sehingga warga memiliki kesadaran untuk memberikan informasi yang ada di lingkungannya. (HI-001)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here