Dorong Pelapak Perhatikan Kemasan Produk Konsumen

0
Mega Tri Agustina (Community Manager Bukalapak) memberikan sambutan dalam acara Kopdar Komunitas Bukalapak di Pontianak, 17 Maret 2018. (foto: Bukalapak))
Mega Tri Agustina (Community Manager Bukalapak) memberikan sambutan dalam acara Kopdar Komunitas Bukalapak di Pontianak, 17 Maret 2018. (foto: Bukalapak))

hamparan.info – emiliki misi memajukan UKM di seluruh penjuru Indonesia, Komunitas Bukalapak terus berusaha menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi seluruh pelapak. Hari ini, kegiatan Kopdar Komunitas Bukalapak berlangsung di Kota Khatulistiwa, Pontianak.

Bertempat di sebuah warung, justru menambah keakraban dan tanpa menyurutkan semangat para pelapak di Pontianak untuk berbagi informasi, meningkatkan penghasilan mereka dalam berjualan online.

Tidak seperti biasanya, Kopdar Komunitas Bukalapak Pontianak kali ini menghadirkan perwakilan dari mitra logistik Bukalapak yaitu JNE yang akan berbagi tips mengenai pengemasan barang.

Head of Community Management Bukalapak, Muhammad Fikri, mengatakan tema yang diusung dalam kopdar komunitas Bukalapak Pontianak ini adalah ‘Bagaimana Meningkatkan Penghasilan dengan Mengoptimalkan Penjualan Online di Bukalapak.’

“Yang membuat kopdar kali ini terasa istimewa adalah kehadiran perwakilan dari JNE, agar para pelapak Bukalapak dapat memahami bahwa aspek pengemasan barang itu penting agar para pembeli dapat merasa puas dan barang juga terlindungi,” ujar Muhammad Fikri, dalam surat elektronik yang diterima sejumlah media di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu, 17 Maret 2018.

Muhammad Fikri menyatakan, bahwa selain menghadirkan narasumber dari JNE, salah satu Pelapak Jawara & Ranger Komunitas Banten juga akan melakukan bedah lapak seperti tips dan trik dalam penulisan judul produk, bagaimana foto produk yang baik, dan sebagainya. Sehingga agenda kopdar kali ini sarat dengan praktik langsung oleh para peserta yang hadir.

Komunitas Bukalapak Pontianak ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan produk lokal setempat dan bisa diikuti oleh Komunitas Bukalapak di kota lainnya. Komunitas Bukalapak yang saat ini sudah tersebar di lebih dari 83 kota di seluruh Indonesia merupakan inisiatif dari para pelapak Bukalapak sendiri. Hingga saat ini jumlah pelapak Bukalapak telah mencapai lebih dari 2,2 juta pelapak.

“Di Komunitas Bukalapak, kita percaya dengan konsep gotong royong dan kolaborasi. Sukses sendirian itu biasa, sukses bersama-sama itu baru luar biasa! Rasa kebersamaan dan persaudaraan dalam berkomunitas ini menjadi penting agar setiap orang berkesempatan menjadi pahlawan bangsa,” kata Muhammad Fikri.

Sales Corporate JNE Pontianak, Dery Prayogi, berkata sebagai mitra Bukalapak dalam menyediakan jasa layanan pengiriman siap membantu Bukalapak dalam mewujudkan visinya untuk menjadi online marketplace nomor 1 di Indonesia.

“Melalui sejumlah layanan yang kami punya, diharapkan kegiatan bisnis online para pelapak dapat berjalan maksimal memenuhi kebutuhan pembelinya di manapun mereka berada,” kata Dery Prayogi.

Dery Prayogi menambahkan bahwa pihak nya sangat senang dapat berbagi dengan para pelapak mengenai bagaimana pengemasan barang yang baik. Fungsi mendasar dari pengemasan adalah melindungi produk dari kerusakan-kerusakan. Pengemasan jenis-jenis barang tertentu juga tidak bisa sembarangan.

Disamping itu, penulisan alamat pengirim dan penerima juga harus dilakukan secara tepat, sehingga produk dapat diterima dengan baik oleh konsumen. Hal tersebut sangat penting agar para pengguna Bukalapak dapat dengan nyaman berbelanja di Bukalapak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here