Kodam XII/Tanjungpura Gelar Rakor Rencana Kotama

0
Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi
Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi

hamparan.info – Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi, membuka Rapat Koordinasi Pembahasan Rentinkon Kotamaops TNI Wilayah Barat Tahun 2019. Kegiatan rapat selama 3 hari dimulai dari 6 hingga 9 Maret 2018, dihadiri Kasdam XII/Tanjungpura Brigadir Jenderal TNI Sulaiman Agusto, dan para peserta Rentinkon Kotamaops TNI Wilayah Barat, di Aula Makodam XII/Tanjungpura, Jalan Arteri Alianyang No. 1 Kubu Raya, Kalimantan Barat, Selasa (6/3/2018).

Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, dengan adanya kegiatan ini kita dapat melaksanakan koordinasi dengan berbagai pihak terkait dengan tindakan kontijensi Kotamaops TNI Tahun 2019. Rapat koordinasi tersebut, untuk merumuskan rencana tindakan Kotamaops TNI menghadapi Kontijensi guna dijadikan bahan masukan dalam penyusunan Renkon TNI OMSP Tahun 2019,

Selain itu, dalam amanat Panglima Kodam XII/Tanjungpura, kegiatan tersebut untuk mengetahui kesiapan Kotamaops dalam mengantisipasi kemungkinan Kontijensi di wilayah masing-masing dan sebagai sarana koordinasi antar Kotamaops untuk saling tukar menukar informasi jika penanganan kontijensi yang direncanakan memerlukan bantuan dari Kotamaops lain.

Panglima Kodam XII/Tanjungpura menjelaskan, rakor juga sebagai sarana Komando Atas dalam hal ini Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) untuk mendapatkan bahan masukan penyusunan program bidang operasi dan rencana kontijensi TNI 2019, sesuai dengan sistim perencanaan pembangunan TNI dimana Rentinkon Kotamaops merupakan satu diantaranya sebagai dokumen pendukung dalam penyusunan program kerja TNI, ujarnya.

Disampaikan Panglima Kodam XII/Tanjungpura tema dalam rapat ini adalah, “Kotamaops TNI selalu siap mengantisipasi dan merespon setiap kemungkinan kontijensi yang akan terjadi diwilayah tanggung jawabnya masing-masing,”.

Panglima Kodam XII/Tanjungpura berharap, dengan adanya Rapat ini dapat mencapai sasaran yang diinginkan yaitu terumusnya kontijensi yang mungkin terjadi diwilayah tanggung jawab masing-masing Kotamaops TNI berdasarkan perkiraan ancaman, terumusnya rencana tindakan masing-masing Kotamaops TNI dalam menghadapi kontijensi pada Tahun 2019 dan terumusnya kontijensi terpilih untuk dijadikan bahan masukan dalam penyusunan Renkon TNI 2019.

Panglima Kodam XII/Tanjungpura mengingatkan kepada peserta rapat, untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat menjadi masukan dalam penyusunan Rentinkon sebagai suatu analisa kontijensi untuk mengantisipasi ancaman tahun mendatang. Juga, mampu memelihara dan meningkatkan kesiapan dan kesiagaan operasional satuannya dalam menghadapi kemungkinan Kontijensi yang timbul secara terkoordinasi dan terpadu.

“Keberhasilan kegiatan Rakor, tidak terlepas dari kesiapan para peserta, penyelenggara, pendukung yang dilandasi semangat, disiplin, dan motivasi dalam melaksanakan tugas masing-masing,” demikian Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi, diakhir amanatnya. (HI-008)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here